Tanya Auclair

Aneka Informasi Seputar Gaya Hidup Sehari-hari
Elektronik

Bahaya! Inilah Akibat Filter AC Kotor

May 26, 2021

Bahaya! Inilah Akibat Filter AC Kotor

Apakah Anda menggunakan AC di rumah? Kapan terakhir kali AC dicuci oleh jasa service AC? Alangkah baiknya jika Anda melakukan perawatan AC secara rutin, seperti rutin mencucinya dan memastikan filter AC tidak kotor.

Untuk menjaga kondisi suhu ruangan agar tetap nyaman, maka sistem filter pada alat pendingin AC memiliki peran penting. Bahkan Anda harus memastikan bahwa filter tersebut tidak mengalami kerusakan atau kotor akibat debu dari udara.

Jika filter AC kotor, maka waspada karena bahaya AC kotor bisa mempengaruhi kesehatan keluarga. Selain itu kualitas udara yang dihasilkan jauh lebih rendah ketika filter kotor.

Bahaya Filter AC Kotor

  1. Mengganggu Kesehatan

Keberadaan filter AC bisa menjadi perangkap untuk alergen dan iritan yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Diantaranya debu, kotoran serangga atau hewan kecil lainnya hingga berbagai komponen yang ada di sekitar.

Filter AC yang kotor akan menurunkan kualitas udara dalam ruangan. Sehingga kesehatan keluarga menjadi terganggu, seperti batuk, bersin, sakit tenggorokan, sakit kepala dan yang lainnya.

  1. AC Bisa Sering Rusak

Filter AC tidak hanya melindungi kesehatan keluarga, tetapi melindungi unit AC secara keseluruhan. Jika dibiarkan kotor bisa mengganggu aliran udara, biaya untuk menangani kerusakannya harus mengeluarkan banyak biaya. Tidak sedikit yang harus menghubungi jasa service AC untuk mengganti unitnya karena rusak parah.

  1. Biaya Operasional Meningkat

Karena filter AC sudah kotor, maka akan membutuhkan lebih banyak tarikan pada mesin. Ini bisa berakibat buruk pada alat pendingin Anda, biaya operasional jadi tinggi karena penggunaan daya listrik terus meningkat.

AC harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan ruangan, akhirnya tagihan listrik melonjak tajam setiap bulannya.

  1. Kelembaban Semakin Tinggi

Kadar AC lembab di sebuah ruangan bisa diatur dengan baik seandainya AC bisa berfungsi secara normal. Namun ketika filter AC mengalami kerusakan, tingkat kelembaban ruangan menjadi semakin tinggi yang mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Selain itu debu juga akan semakin tebal, hal ini akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Agar terhindar dari bahaya filter AC kotor, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin oleh jasa service AC Jakarta Pusat. Minimal bisa dicek atau dirawat kondisi filter AC-nya 3 bulan sekali, itupun jika pemakaiannya terbilang jarang.