Tanya Auclair

Aneka Informasi Seputar Gaya Hidup Sehari-hari
Perawatan Hewan

Cara Tepat Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir

January 12, 2021

Cara Tepat Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir

Kelinci dikenal sebagai salah satu jenis hewan yang paling sensitif dan rentan sehingga membutuhkan perawatan yang terbilang susah-susah gampang. Terlebih lagi jika kelinci tersebut masih berusia anakan.

Kelinci yang baru lahir memang lebih sensitif dan lemah sehingga memerlukan perawatan yang khusus. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anakan kelinci baru lahir.

Berbeda dengan hewan mamalia lainnya, biasanya induk kelinci akan segera pergi meninggalkan anaknya sehingga sangat memungkinkan anak kelinci akan terserang predator seperti tikus ataupun musang.

Selain itu, masih ada banyak kondisi lain yang mewajibkan anda sebagai pemilik kelinci untuk mengambil alih merawat anakan kelinci dari induknya. Beberapa kondisi induk kelinci yang sedang stress akan membuatnya tega memakan anaknya sendiri atau induk kelinci yang tidak mau menyusui anaknya. Inilah yang menyebabkan angka kematian anak kelinci cenderung lebih besar.

Bagi anda yang jual kelinci flemish giant dan untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut ini cara tepat merawat anakan kelinci baru lahir yang wajib untuk diketahui.

1. Perhatikan Kesehatan dan Kondisi Induk

Memastikan kestabilan tubuh induk kelinci merupakan hal pertama yang wajib untuk anda lakukan, pastikan induk kelinci tidak stress sehingga tidak akan memakan anaknya serta mau memberikan susu untuk anak-anaknya.

2. Berikan Perhatian dan Periksa Kondisi Anakan Secara Rutin

Pada usia 0 -10 hari merupakan usia yang paling rentan dimana anak kelinci belum memiliki bulu sama sekali. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, anda bisa mengetahui bagaimana kondisi anakan beserta induknya.

Jika ada anakan kelinci yang sudah mati, segera pisahkan karena dikhawatirkan akan menularkan penyakit. Memberikan perhatian secara khusus juga akan mempengaruhi kondisi kelinci agar tidak mudah stress.

3. Pastikan Suhu Kandang Dalam Keadaan Hangat

Suhu hangat akan membuat anakan kelinci merasa nyaman dan bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya. Anda bisa meletakkan anakan kelinci pada kardus yang dibalut dengan kain atau selimut bekas.

Meskipun terlihat mudah, namun beberapa cara di atas harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Selain hal di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah anda perlu memindahkan anakan kelinci yang berjumlah banyak.

Kelinci merupakan hewan yang dalam sekali melahirkan bisa dalam jumlah yang banyak, sehingga sangat memungkinkan beberapa anak tidak akan mendapatkan susu dari induknya.

Untuk mencegah hal ini, sebagai pemilik sudah menjadi kewajiban anda untuk memastikan anakan kelinci tetap mendapatkan nutrisi yang sesuai. Demikian tips sederhana tentang bagaimana merawat anakan kelinci yang baru lahir ini, semoga bermanfaat!