Tanya Auclair

Aneka Informasi Seputar Gaya Hidup Sehari-hari
Konstruksi

Ketahui 4 Kelemahan Baja Ringan Sebelum Membeli

September 5, 2020

Ketahui 4 Kelemahan Baja Ringan Sebelum Membeli

Penggunaan kayu untuk atap sudah dialihkan dengan atap bahan baja karena memiliki segudang keuntungan. Dibalik keuntungan yang diperoleh saat menggunakan atap baja, ternyata banyak kelemahan baja ringan yang harus Anda ketahui.

Tentunya tidak ada produk yang benar-benar sempurna. Itu juga berlaku untuk rangka atap baja ringan yang harus Anda ketahui kelemahannya. Berikut ini jasa pasang baja ringan Bogor paparkan beberapa kelemahan yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

  1. Rentan terhadap korosi. Baja mungkin tahan terhadap hama, api dan angin namun rentan terhadap korosi, terutama akibat kelembaban tinggi. Namun, rangka baja yang dibeli dari pemasok bangunan logam yang berkualitas pasti akan dirancang dan dilapisi sesuai dengan kondisi iklim dan bangunan Anda.
  2. Baja bersifat memancarkan. Baja dengan cepat mengeluarkan panas yang diserap. Ini adalah berita bagus untuk produk seperti atap dan pelapis baja, yang mengurangi perolehan panas matahari, tetapi dapat merusak bangunan yang mengutamakan kenyamanan interior. Meskipun rangka baja tidak menawarkan tingkat isolasi bawaan yang sama dengan yang dilakukan oleh rangka kayu, hal ini juga dapat diatasi melalui penghalang radiasi dan isolasi yang memadai.
  3. Rusak pada suhu tinggi. Kabel baja yang dibentuk dingin bisa mengembang pada suhu 426°C-537°C, memberikan tekanan lateral yang kuat yang dapat menyebabkan dinding runtuh. Ekspansi rangka yang berhubungan dengan panas juga dapat menyebabkan kabel melengkung.

Oleh karena itu, rangka atap baja ringan tahan api adalah suatu keharusan untuk memastikan bahwa mereka akan bekerja dengan baik jika terjadi kebakaran, mengingat bahwa rata-rata kebakaran rumah dapat membakar dengan suhu sekitar 1.100°F atau 593°C (sumber : live-safe.org).

  1. Butuh keterampilan khusus. Karena memiliki struktur pemasangan seperti jaring, bila ada satu bagian yang tidak sesuai bisa merusak bagian lainnya. Diperlukan perhitungan konstruksi yang tepat dan ketat karena sifat rangkaian yang berhubungan dan saling mempengaruhi.

Kurangnya keterampilan dan peralatan yang tepat dapat mengakibatkan rangka yang tidak terpasang dengan baik atau peningkatan biaya tenaga kerja untuk menemukan kru yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar.

Banyak kontraktor yang masih menganggap baja ringan sebagai pilihan yang paling menguntungkan. Kuncinya adalah membeli dari pemasok yang tepat dan memastikan tim konstruksi berpengalaman dalam penggunaan alat dan teknik yang diperlukan untuk membangun sesuai spesifikasi desain bangunan.